Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2019): October

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PRAKTIKUM OLAHAN TAPE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOTEKNOLOGI

Handayani, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan PrestasiBelajar di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karenapenelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasukpenelitian deskriptif, sebab menggambarkan suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasilyang diinginkan dapat dicapai. Dari data Observasi didapatkan hasil siklus I dengan rata-rata 48,6 %dan pada siklus ke II didapatkan dengan nilai rata – rata 82,5 %. Sedangkan hasil evaluasi pada sikluske I didapatkan hasil evaluasi dengan nilai rata – rata 65.5 sedangkan hasil evaluasi pada siklus ke IIdidapatkan nilai rata-rata 87,45 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke I peserta didikmasih dinyatakan tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran, yang ditunjukkan juga denganhasil evaluasi yang masih jauh dari katagori Baik. Sedangkan pada siklus ke II peserta didikdinyatakan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ditunjukkan juga pada hasilpembelajaran yang meningkat . dan dinyatakan dengan kreteria dengan kategori Baik. Sehingga dapatditarik kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...