Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 1 No 3 (2021): JPTI - Maret 2021

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Desain Pembelajaran dan RPP Berorientasi HOTS SMP Negeri 5 Long Ikis

Kasmuji Kasmuji (SMP Negeri 5 Long Ikis, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Kompetensi guru dalam pendidikan harus selalu ditingkatkan guna menjaga kualitas pendidikan. Sehingga perlu adanya penelitian tentang Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Desain Pembelajaran dan RPP Berorientasi HOTS Di SMP Negeri 5 Long Ikis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dengan menggunakan siklus, dimana tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kuantitas guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP yang berorientasi HOTS dengan adanya supervisi akademik, dan mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP yang berorientasi HOTS setelah supervisi akademik. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa dengan melaksanakan supervisi akademik secara berkelanjutan dapat meningkatkan kuantitas guru dalam menyusun Desain Pembelajaran dan RPP berorientasi HOTS di SMP Negeri 5 Long Ikis dengan prosentase sampai 95 %. Dengan adanya supervisi akademik diketahui dapat meningkatkan kualitas penyusunan Desain Pembelajaran dan RPP dimana pada siklus I kualitas meningkat 30 % dari sebelum adanya supervisi akademik dan pada siklus 2 meningkat sampai 100 % dari Siklus I.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...