IndraTech
Vol 1, No 1 (2020): Mei 2020

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMASARAN PERGURUAN TINGGI KELEMBAGAAN ISLAM SWASTA

Muhammad Amin (STMIK Indragiri)
Mas'ud Zein (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Rian Vebrianto (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Memahami dan memilih strategi pemasaran  menjadi salah satu andalan Perguruan Tinggi Kelembagaan Islam (PTKIS) swasta untuk mendapatkan perhatian dan menjadi pilihan lulusan SLTA sebagai perguuran tinggi tempatnya berkuliah. Sebelum menentukan strategi apa yang ditetapkan dalam pemasaran, maka diperlukan kegiatan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil pemasaran. Metode tulisan ini adalah dalam bentuk studi literatur. Faktor-faktor itu terungkap diantaranya bauran pemasaran terdiri dari 7 aspek (Product, Price, Promotion, Process, People, Place,  Physical Evidence,)  faktor kepemimpinan, kinerja dosen, kepuasan mahasiswa,dan loyalitas mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruh faktor harus mendapat perhatian oleh penyenggara PTKIS swasta, dan lebih memperhatikan aspek kepuasan dan loyalitas mahasiswa yang selama ini terabaikan. Implikasi dari kajian ini adalah diperlukan penelitian lanjutan terhadap komponen mahasiswa tentang bauran pemasaran, persepsi mahasiswa terhadap kepemimpinan, kinerja dosen, dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta loyalitas mahasiswa di PTKIS. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, PTKIS Swasta, kepemimpinan, kinerja dosen, mahasiswa. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jit

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science Other

Description

Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi ...