EJoES (Educational Journal of Elementary School)
Vol 1, No 1 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Eti Muliani (UNIVERSITAS QUALITY)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang  siswa kelas kelas IV SD Negeri 024868 Binjai Universitas, dan sampel dalam penelitian ini 35 orang kelas IV SD Negeri 024868 Binjai karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan hasil tes pada mata pelajaran IPS. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diproleh data kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan antara antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Dimana nilai t dalam hitungan= 281,5 , dan nilai t dalam tabel = 2,03. Dimana   nilai t dalam hitungan > nilai t dalam tabel maka antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai memiliki hubungan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EJoES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since ...