Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Persepsi Mahasiswa terhadap Profil Dosen Menggunakan Analisis Konjoin

Yuliana Yuliana (Unknown)
Eric Kunto Aribowo (Universitas Widya Dharma Klaten)
Anna Febrianty Setianingtyas (Universitas Widya Dharma Klaten)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini mengungkap persepsi mahasiswa terhadap kompetensi yang dimiliki oleh dosen. Dengan melakukan ekstraksi dari empat kompetensi dosen (pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) yang dilanjutkan dengan justifikasi dari tim ahli dihasilkan lima profil utama: umpan balik, metode pembelajaran, penguasaan materi, disiplin, dan sikap dosen. Melalui analisis konjoin ditemukan bahwa kombinasi yang paling dipertimbangkan dan dianggap penting oleh mahasiswa, yaitu dosen yang dalam perkuliahannya menggunakan metode pembelajaran yang mutakhir, dosen yang bersikap wajar terhadap mahasiswanya, dosen yang tidak terlalu tinggi tingkat kedisiplinannya, dosen yang selalu memberikan umpan balik, dan dosen yang mampu mengaplikasikan materi. Persepsi dari ciri-ciri dosen inilah yang diinginkan oleh mahasiswa sehingga dapat memberikan pengaruh atau memotivasi semangat belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...