JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Vol 1, No 1 (2019)

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK INDONESIA PROVINSI ACEH TERHADAP PROGRAM UMKM UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Cut Leni Narisyah (Prodi Perbankan Syariah Uin Ar-Raniry)
Muhammad Yasir Yusuf (Prodi Perbankan Syariah Uin Ar-Raniry)
Cut Elfida (Prodi Perbankan Syariah Uin Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pelaksanaan dan pengaruh bantuan CSR yang diberikan Bank Indonesia Provinsi Aceh kepada UMKM guna meningkatkan produktivitas dan pengembangan usaha sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan data primer yaitu berupa wawancara dengan pihak Bank Indonesia Provinsi Aceh dan pelaku UMKM. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, selanjutnya data tersebut dikelompokkan dan disusun dengan pokok permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Bank Indonesia telah melaksanakan program tanggung jawab sosial dengan baik serta memberikan  berpengaruh terhadap tumbuhnya UMKM dengan baik , sehingga terjadi peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Kata Kunci: CSR, UMKM, Pemberdayaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, ...