Akar (Aspirasi Karya Anak Rimba) : Jurnal Ilmiah Hutan & Kehutanan
Vol. 1 No. 1 (2019): Februari Jurnal Akar

Pengaruh Pemberian ZPT Growtone Terhadap Pertumbuhan Stek Pucuk Dari Tunas Pucuk Tanaman Jambu Air Madu (Sizygium aqueum)

Ramadani, Risky (Unknown)
Sihombing, Benteng H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian ZPT Growtone Terhadap Pertumbuhan Stek Pucuk Dari Tunas Pucuk Tanaman Jambu Air Madu (Sizygium aqueum). Penelitian dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Simalungun terhitung dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2018. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan menggunakan Growtone sebagai ZPT, perlakuan Growtone sebanyak 4 aras, yaitu : P1 = 0.1 M, P2 = 0.2 M, P3 = 0.3 M, P4 = 0.4 M. Yang diulang sebanyak 3 kali dan tiap-tiap parameter yang diamati adalah persen stek hidup, jumlah tunas, dan tinggi tunas. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setiap perlakuan P1, P2, P3 dan P4 pada 4 MST, 8 MST dan 12 MST, persen hidup stek tidak berpengaruh nyata, dan untuk setiap perlakuan P1, P2, P3, dan P4, pada 4 MST, 8 MST dan 12 MST, jumlah tunas juga tidak berpengaruh nyata, begitu pun pada tinggi tunas didapatkan hasil yang tidak berpengaruh nyata pada perlakuan P1, P2, P3, dan P4, pada 4 MST, 8 MST dan 12 MST. Dari hasil penelitian disimpulkan dan direkomendasikan agar dalam melakukan perbanyakan tanaman secara vegetatif melalui stek pucuk untuk kualitas, agar memilih stek pucuk jambu madu dan memberi zat perangsang tumbuh bagi tanaman dengan konsentrasi Growtone 0.04 M, 40gr/100 ml air dan direndam selama 15 menit. Perlakuan terbaik untuk masing-masing parameter sebagai berikut : Perlakuan terbaik untuk persen stek hidup jambu air madu adalah 20 gr/100 ml air Perlakuan terbaik untuk jumlah tunas jambu air madu adalah 40 gr/100 ml air Perlakuan terbaik untuk tinggi tunas jambu air madu adalah 40 gr/100 ml air.    

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akar

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu kehutanan diantaranya Pengelolaan DAS, Hidrologi, Silvikultur, Penginderaan jauh, Ekologi, Ilmu Tanah Hutan, Perhutanan Sosial, Penyuluhan Kehutanan, Kebijakan Kehutanan, Agroforestri, Ekonomi dan Bisnis kehutanan, ...