Cybernetics: Journal of Research and Educational Studies
Volume 2 Nomor 2 April 2021

Manajemen Perubahan di Sekolah

Suriya Jaya (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Manajemen Perubahan Di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu suatu deskripsi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti individu, kelompok, institusi atau masyarakat. Studi kasus dapat digunakan secara tepat dalam banyak bidang. Disamping itu merupakan penyelidikan secara rinci satu setting, satu subyek tunggal, satu kumpulan dokumen atau satu kejadian tertentu. Manajemen perubahan di sekolah merupakan aktivitas kepala sekolah sebagai top manager atau manajer puncak dalam rangka menghasilkan capaian tujuan sekolah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kepala sekolah dituntut mampu mempengaruhi perubahan sumberdaya ketenagaan seperti wakil kepala sekolah, guru-guru, karyawan seklah, komite sekolah, orangtua siswa, dan warga sekolah lainnya untuk mencapai tujuan sekolah yang telah dituangkan ke dalam program kerja sekolah. Perubahan yang direncanakan, dapat dikarenakan dalam rangka melakukan tugas- tugas rutin yang merupakan keharusan seperti perubahan jadwal mengajar yang dilakukan setiap semester atau setiap tahun ajaran baru. Perubahan yang tidak direncanakan dapat terjadi karena diluar dugaan karena kebijakan pemerintah seperti pergantian pemberlakuan kurikulum baru menggantikan kurikulum lama di sekolah. Artinya adakalanya orang menolak perubahan yang digagas dan akan dilaksanakan di sekolah oleh kepala sekolah namun adakalanya perubahan terjadi di luar yang direncanakan sehingga kepala sekolah mengambil keputusan bijak mengantisipasi perubahan tersebut melalui solusi yang dapat mengatasi penolakan perubahan di sekolah yang dipimpinnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrss

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cybernetics is Journal of Research and Educational Studies diperuntukkan sebagai sarana publikasi bagi para pendidik seperti Guru, Dosen, Pengawas, Konsultan, mahasiswa, dan peneliti untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan pendidikan dan ...