Penelitian ini tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP. Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi yang menjadi sampel sebanyak 64 siswa dibagi menjadi 2 kelas yang diambil secara cluster random, satu kelas eksperimen I 32 siswa dan satu kelas eksperimen II 32 siswa. Analisis data dengan menghitung harga Mean (M), Standart Deviasi (S) dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t.Nilai rata-rata pre test (3,87) dan post test (8,81) pada kelas eksperimen I. Nilai rata-rata pre test (3,59) dan post test (7,78) pada kelas eksperimen II. Jika t hitung > t tabel pada taraf signifikan ï¡=0,05 dan derajat kebebasan (62), maka H0 ditolak Ha diterima. Dari pengujian hipotesis pre test diperoleh t hitung (4,86) > t tabel (2,00) artinya, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP. Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata Kunci : Hasil belajar, Jigsaw, Snowball Throwing, Ekosistem
Copyrights © 2019