Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2021): March

Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Rangka Penigkatan Mutu Pendidikan di MTsN Gresik

Nur Hanifatus Saadah (Manajemen Pendidikan Islam)
Moh. Nadhiful Khoir (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Junaedi Junaedi (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2021

Abstract

Penerapan dan penanaman nilai kedisplinan dalam jiwa peserta didik merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan sekolah lebih-lebih bisa diterapkan dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menumbuhkan jiwa atau rasa tanggung jawab peserta didik di sekolah dengan menumbuhkan rasa disiplin peserta didik. Selain itu, dengan disiplin dapat mengembangkan produktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk nilai kedisiplinan peserta didik sehingga menjadi madrasah yang bermutu. 2) kedisiplinan yang tiap hari ditingatkan, 3) Menjadikan madrasah ini menjadi madrasah yang terpandang di Gresik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational ...