Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen Full day school dalam meningkatkan kreativitas guru, dan (2) peningkatan minat belajar siswa dan kreativitas guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Quality checklist, observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) manajemen Full day school yang diterapkan oleh MAN 2 Medan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan kreativitas guru. Hal ini dilihat dari unsur-unsur utama komponen manajemen mutu terpadu yang terpenuhi dalam pengelolaan program Full day school. (2) salah satu kelebihan dari manajemen Full day school untuk siswa yaitu kegiatan anak disekolah dapat terkontrol namun kekurangannya tingkat stress menjadi lebih tinggi dan kelebihannya untuk guru yaitu, guru dapat lebih kreatif dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran, namun kekurangannya guru sulit mengatur siswa yang sudah bosan mengikuti pembelajaran.Kata Kunci : Manajemen Full Day School, Kraetifitas Guru.
Copyrights © 2020