Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan
Vol 2 No 1: Mei 2020

Efektifitas ekstrak alang–alang (Impreta cylindrical Raeusch) terhadap daya tetas telur ikan bandeng (Chanos chanos Forskall)

Muliadi (Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Penetasan telur merupakan salah satu proses untuk menghasilkan benih ikan bandeng. Serangan mikroba terhadap telur menyebabkan kegagalan pada penetasan telur. Daun alang-alang merupakan salah satu jenis rerumputan liar yang mengandung etanol, flafonoid dan folifenol yang berfungsi sebagai antimikrobial dengan kemampuan mematikan kuman dan fungisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas ekstrak alang-alang dalam mencegah serangan jamur dan daya tetas telur ikan bandeng. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2017 dan bulan Maret 2018 dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ekstrak alang-alang meningkatkan daya tetas telur, menurunkan tingkat abnormalitas dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup larva ikan bandeng.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsbp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Bireuen Aceh. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program studi Akuakultur. Jurnal Arwana yaitu ...