Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan
Vol 2 No 1: Mei 2020

Pemanfaatan kulit kakao sebagai bahan baku pakan ikan nila merah (Oreochromis sp)

Khairil Khairil (Program Studi Akuakultur. Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Jalan Almuslim, Matang Glumpang Dua, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Indonesia 24261)
Intan Nazarah (Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh)
Syahirman Hakim (Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Penelitian dilakukan di Laboratorium Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Matangglumpangdua, pada tanggal 17 Maret sampai 17 April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh alternatif bahan baku pakan ikan nila dari bahan herbal yang berkualitas dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kulit kakao yang akan digunakan dalam pakan ikan nila merah. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dengan 3 ulangan yaitu: A (100% pakan komersil), B (77% pakan komersil + 20% kulit kakao + 3 gram perekat), C (67% pakan komersil + 30% kulit kakao + 3 gram perekat), D (75% pakan komersial + 40% kulit kakao + gram perekat) dan E (47 pakan komersial + 50 kulit kakao + 3 gram perekat). Parameter mutu yang diamati adalah survival rate, efesiensi pemberian pakan, laju pertumbuhan ikan dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan penambahan kulit kakao pada pakan ikan nila merah berpengaruh sangat nyata terhadap kelangsungan hidup, laju pertumbuhan, bobot dan efesiensi pemberian pakan. Kelangsungan hidup memberikan hasil yang berbeda nyata dimana setiap perlakuan menghasilkan jumlah yang tidak sama, laju pertumbuhan tertinggi ditemukan pada perlakuan E (47% pakan komersil + 50% kulit kakao + 3 gram perekat) dan terendah pada perlakuan A (100% pakan komersil). Sedangkan efesiensi pemberian pakan tertinggi ditemukan pada perlakuan E (47% pakan komersil + 30% kulit kakao + 3 gram perekat) dan terendah pada perlakuan A (100% pakan komersil).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsbp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Bireuen Aceh. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program studi Akuakultur. Jurnal Arwana yaitu ...