Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan
Vol 2 No 1: Mei 2020

Domestikasi benih ikan gabus (Channa striata) dengan pemberian pakan cacing sutera (Tubifex sp.)

Agusnaidi Agusnaidi (Program Studi Akuakultur. Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Jalan Almuslim, Matang Glumpang Dua, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Indonesia 24261)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Ikan gabus mempunyai senyawa yang penting, seperti protein dan beberapa mineral. Kadar protein ikan gabus mencapai 25,5% dibandingkan protein ikan lainnya, albumin ikan gabus cukup tinggi mencapai 6,22% dan daging ikan gabus mengandung mineral, seng dengan kadar 1,74 mg/100 gram. Sebagai pakan alami cacing sutera (Tubifex sp.) memiliki kandungan nutrisi (protein 57% dan lemak 13%) yang baik untuk pertumbuhan ikan dan ukurannya sesuai dengan bukaan mulut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian cacing sutera terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup benih ikan gabus yang didomestikakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian cacing sutera dengan persentase adlibitum (10%) memperoleh pertumbuhan benih ikan gabus yang lebih cepat. Sedangkan pemberian cacing sutera dengan persentase 7% memperoleh tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dan pemberian cacing sutera dengan persentase 3% memberikan nilai efisiensi pakan yang lebih tinggi terhadap benih ikan gabus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsbp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Bireuen Aceh. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program studi Akuakultur. Jurnal Arwana yaitu ...