Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 1 No 1 (2017): April 2017

Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD

Ahmad Fauzi (Universitas Indraprasta)
Eko Harli (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkembang, hal ini terlihat dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,18% di tahun 2016. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya bidang usaha yang berkembang dan menimbulkan persaingan usaha yang juga semakin ketat. Persaingan usaha tidak hanya berlaku pada bagaimana cara memperoleh pelanggan sebanyak mungkin, namun sekarang ini persaingan usaha juga berupa bagaimana mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa dilayani sebagai raja. Customer Relationship Management merupakan salah satu cara dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, kesulitan-kesulitan dalam memahami dan menganalisis kebutuhan pelanggan dapat dilakukan dengan membangun CRM yang baik. Metode Rapid Application Development dapat memberikan kecepatan dan efisiensi dalam membangun CRM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode RAD, proses pembangunan sistem CRM menjadi lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Selain itu dengan adanya CRM, tingkat kepuasan pelanggan meningkat hingga 85% dan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

RESTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Sebagai bagian dari semangat ...