Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika

Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama

Phitsa Mauliana (Universitas Bina Sarana Informatika)
Wildan Wiguna (Universitas Bina Sarana Informatika)
Abrian Yudha Permana (Universitas BSI)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Helpdesk adalah layanan yang menyediakan informasi dan dukungan bagi pengguna komputer, terutama di perusahaan. Organisasi yang memiliki investasi besar terhadap teknologi atau yang melayani banyak pengguna akhir terus mencari cara yang efisien untuk memberikan dukungan teknis. Biaya pemeliharaan untuk sistem lama dapat menjadi sangat mahal, serta pada titik tertentu akan menjadi lebih efektif untuk beralih ke sistem yang baru. PT Akur Pratama merupakan perusahaan ritel yang mengandalkan IT Support dalam melakukan pemeliharaan sistem dan helpdesk. Dari kegiatan observasi pada perusahaan tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang harus dibenahi. Karyawan internal perusahaan kesulitan dalam mengajukan komplain ketika terjadi permasalahan teknis dengan sistem operasional kerjanya. Terdapat biaya operasional yang tidak sedikit pada pemeliharaan sistem serta lamanya penanganan teknis yang dilakukan oleh IT Support. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun e-Helpdesk Support System berbasis web yang dapat membantu Service Desk untuk memantau pekerjaan IT Support beserta laporan komplain dari karyawan internal di PT Akur Pratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu menampung keluhan dari user client atau karyawan internal perusahaan sehingga memudahkan proses pengajuan komplain. E-Helpdesk Support System membantu pihak manajemen dalam menghemat biaya operasional serta mempercepat penanganan teknis oleh IT Support. Pengembangan sistem tersebut berhasil menyediakan fasilitas bagi Service Desk dalam memantau pekerjaan IT Support beserta perekapan laporannya di PT Akur Pratama. Kata Kunci: e-Helpdesk Support System, IT Support, Pemrograman Web, PT Akur Pratama

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini ...