EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication)
Vol 1, No 2 (2018)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN AVO METER PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DI KELAS X-TIPTLA SMK NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015 -2016

siti maisarah (SMK Negeri 5 Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa ketika guru mengajar materi tentang penggunaan AVOmeter pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik dikelas X TITLA semester 1 nilai yang diperoleh rata-rata nilai dibawah KKM sebanyak 26 siswa (76,47%) dari 34 siswa.Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali tatap muka pada 3 siklus, siklus pertama, siklus kedua dan siklus terakhir terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap infeksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Dari tes awal secara klasikal pada siklus pertama 64,71% dan pada siklus terakhir meningkat menjadi 100% Kata Kunci : Dasar Penggunaan Listrik, Siklus, Metode Demonstrasi 

Copyrights © 2018