Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Pelita Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MERUJUK KKNI PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM

Indayana Febriani Tanjung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rosnita Rosnita (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2020

Abstract

Modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu dosen untuk mengarahkan mahasiswa mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata. Selama ini perkuliahan hanya mengacu pada dosen dan buku teks mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton. Model pembelajaran CTL dengan berorientasi KKNI artinya mahasiswa dapat belajar mandiri. Metode: Dalam penelitian ini dilaksanakanĀ  dengan pembelajaran berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Hasil: Dari hasil analisis data 35 orang mahasiswa lokal Tadris Biologi 4 semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dinyatakan 29 (82.35 %) orang dinyatakan lulus dengan nilai diatas 70. Kesimpulan: Modul berbasis CTL merujuk KKNI pada mata kuliah biologi umum mendapatkan hasil yang valid, praktis dan efektif sehingga digunakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...