Prosiding SNATIF
Vol 1, No 1 (2014): Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika

PERANCANGAN FITUR E-COMMERCE BERDASARKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

Fuad, Evans ( Universitas Muria Kudus)
Ferdiana, Ridi (Unknown)
Selo, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Abstrak Penjualan suatu produk tidak hanya dilakukan secara langsung tetapi bisa melalui perantara dunia maya (e-commerce), akan tetapi pelanggan dalam e-commerce tidak hanya dapat melakukan interaksi secara aktif tetapi bisa pula secara pasif. Interaksi secara pasif tersebut dikarenakan kurangnya feedback dari sistem ke pelanggan dengan tidak diupdatenya pelayanan secara berkal. E-commerce mainanbocah.com merupakan toko online yang melakukan interaksi yang pasif. Toko online tersebut akan dijadikan objek penelitian dalam paper ini. Objek penelitian tersebut akan dianalisis menggunakan metode analisis SWOT yang dilengkapi dengan konsep konsep Customer Relationship Management (CRM) yang berupa acquire, retain, dan expansion. Metode analisis SWOT digunakan untuk menganalisis keterkaitan peluang dan ancaman pada lingkungan eksternal, serta keterkaitan peluang dan ancaman terhadap kekuatan dan kelemahan internal perusahaan khususnya e-commerce. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah rancangan fitur e-commerce (mainanbocah.com) dengan menerapkan konsep CRM untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Kata kunci: Analisis SWOT, Customer Relationship Management, E-commerce, Kualitas Pelayanan

Copyrights © 2014