Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 9, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan UNIGA

PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan)

Mohamad Samsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama: untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan anak perspektif Islam dan Barat; kedua, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan konsep pendidikan anak perspektifIslam dan Barat melalui pendekatan filosofis dan ilmu pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan penelitian yang bersifat library research dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, hermeneutik, dan ilmu pendidikan. Hal ini dilakukan mengingat penelitian ini berkenaan dengan konsep pendidikan dalam Islam dan Barat, yang secara filosofis berbeda paradigma, baikdalam tataran teoretis maupun praksis. Oleh karena itu, penulis menganalisis konsep pendidikan anak dalam Islam berdasarkanAlquran dan Hadis serta riwayat para sahabat, kemudian dilanjutkan dengan membandingkan konsep tersebut dengan konsep pendidikan anak perspektif Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjelasan tentang pendidikan anak dalam Islam dan Barat memperlihatkan adanya kesenjangan pola pikir yang digunakan para ilmuwan sehingga menghasilkan karakter yang berbeda. Jika sumber dan metodologi ilmu Barat bergantung sepenuhnya kepada kaidah empiris, rasional dan cenderung materialistik serta mengabaikan dan memandang rendah cara memperoleh ilmu melalui wahyu dan kitab suci. Maka, lain halnya dengan konsep keilmuan dalam Islam yang secara epistemologi bersumber dari kitab suci Alquran yang diperoleh melalui wahyu, Sunah Rasulullah saw., serta ijtihad para ulama. Kata Kunci: Pendidikan Anak, Islam, Barat, Filosofis, Pendidikan Islam

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...