Entalpi Pendidikan Kimia
Pre-print Vol 2, No 2, 2021

Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting Kelas X SMA/MA

Yona, Putri (Unknown)
Ellizar, Ellizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Modul kimia berbasis metode ilmiah berdasarkan pertanyaan probing dan prompting dirancang sedemikian rupa sehingga meningkatkan motivasi siswa sehingga terciptanya suasana belajar yang aktif, dengan cara ini dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep yang harus dikuasai dalam materi knsep mol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dalam bentuk modul berdasarkan metode penerapan teknik probing-prompting pada materi konsep mol dan mengungkap tingkat validitas dan kepraktikalitas modul yang dibuat. Jenis jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R D) dengan mengguankan model plomp dan meliputi tiga tahap yaitu thap penelitian awal, tahap pembntukan konsep, tahap penilaian. Dalam penelitian ini, uji validitas modul dilakukan oleh 5 validator, yaitu 2 dosen kimia dan 3 guru kimia. Uji kepraktisan dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 18 orsng siswa kimia SMA Negeri 2 Batusangkar. Teknik analisa data pada validitas menggunakan skala Aiken’s V sebesar 0,83 dan teknik analisa data pada praktikalitas menggunakan statistic descriptive diperoleh nilai sebesar 0,88 Modul yang dihasilkan didasarkan pada metode iliah yang dilengkapi denan pertanyaa probing-prompting modul yang dihasilkan didasarkan pada metode ilmiah yang dilengkapi dengan pertanyaan probing-prompting,sehingga dapat disimpulkan praktis dan valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

epk

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education

Description

Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techniques of learning; tests, ...