Musamus Journal of Primary Education
Vol 2 No 2 (2020): Musamus Journal of Primary Education

Model Pembelajaran Read for Action sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Aktivitas Siswa

Rina Dyah Rahmawati (Universitas PGRI Yogyakarta)
Maryadi Maryadi (SDN Tamansari 2 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan tema Manusia dan Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V dan subjek dari penelitian adalah semua siswa yang ada di kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat pertemuan juga. Sebelum memberikan tindakan (menggunakan model pembelajaran Read for Action), dilakukan tes dan observasi pra-tindakan terhadap siswa. Pada akhir tiap siklus, dilakukan tes dan observasi akhir siklus terhadap siswa. Temuan yang didapatkan adalah bahwa pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan menggunakan model pembelajaran Read for Action dapat berjalan dengan lancar juga mampu meningkatkan kreatifitas dan aktivitas siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education. ...