Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance
Vol 1, No 2 (2020)

PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, PERSEPSI, RELIGIUSITAS DAN DISPOSIBLE INCOME TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI PADA PELAKU UMKM DI KECAMATANTERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH)

Muhammad Kurniawan (Unknown)
Eka Septiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Knowledge, Persepsi, Religiusitas, dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah(Studi Pada Pelaku UMKM di Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah).Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu Pelaku UMKM sebanyak 550 usaha dengan sampel yang digunakan yaitu tekhnikstratified random sampling yaitu sampel yang digunakan 41 Pelaku UMKM.Berdasarkan hasil uji secara parsial dapat disimpulkan bahwa Financial Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pelakuUMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T yaitu thitung ttabel yaitu 2,408 2,02809. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minatmenabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan thitung ttabel yaitu 2,490 2,02809. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikanterhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkanperhitungan thitung ttabel yaitu 2,237 2,02809. Disposable Income tidakberpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan thitung ttabel yaitu 1,976 2,02809.Dan berdasarkan uji simultan bahwa dapat disimpulkan Financial Knowledge,Persepsi, Religiusitas, dan Disposable Income berpengaruh secara positif dansignifikan terhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini dapatdilhat dari nilai Fhitung sebesar 4,204 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 2,63.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

almashrof

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-Mashrof : focused on primary studies: Islamic Finance, Islamic Banking, Islamic Accounting, Islamic Management, and halal markets, has initiated the development of global economic advantages. Islamic based economics could not be seen as independent variable standing on side-by-side with ...