Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasikan proses penamaan tekstual ornamen rumah gadang minangkabau. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles, Hurberman dan Saldana. Data diperoleh  dari  hasil  wawancara  mendalam,  observasi  berperan  dan  dokumentasi.Data  yang  telah dikondensasikan  dianalisis  menggunakan  konsep  Sudrayat  dan  dilihat  dari  makna  kulturalnya  dengan menggunakan konsep Abdullah. Adapun nama-nama ornamen tersebut sebagai berikut: Siriah Gadang ‘sirih besar’, Lumuik Hanyuik ‘lumut hanyut’, Aka Cino Saganggang ‘akar cina seganggang’ , Pucuak Rabuang ‘ pucuk rebung’, Jalo Taserak ‘jala tersebar’, Saluak Laka ‘ jalinan lidi atau rotan’, Lapiah Batang Jarami ‘ lapis batang jerami’, Labah Mangirok ‘lebah mengirap’, Itiak Pulang Patang ‘itik pulang petang’, Tupai Managun ‘tupai tertegun’, Tatandu Manyasok Bungo ‘ulat menghisap bunga’, Kaluak Paku ‘tumbuhan pakis’, Pisang Sasikek ‘pisang seikat’, Buah Palo Bapatah ‘buah pala patah’ , Aka Barayun ‘akar berayun’, Saik Galamai ‘potongan wajik’, Carano Kanso ‘ tempat untuk meletakkan sirih, pinang dan gambir’, Tangguak Lamah ‘tangguk lemah’, Si Kambang Manih ‘si bunga manis’, SajambaMakan ‘makan berjamba’. Makna kultural dari kedua puluh nama-nama ornamen rumah gadangMinangkabau semuanya mengenai makna tentang hubungan manusia dengan manusia atau kehidupan bermasyarakat.
Copyrights © 2020