Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menarik perhatian masyarakat karena dapat memudahkan aktivitas, salah satunya yaitu usaha food delivery yang kini dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, atau dikenal dengan Aplikasi Pengiriman Makanan (APM). Namun, berbagai motif dibalik penggunaan APM (GrabFood dan Go-Food) belum diketahui secara pasti. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal yang mempengaruhi niat penggunaan APM. Selain itu hubungan antara external motivation variable dengan intention to use juga diselidiki. Terdapat empat variabel motivasi eksternal yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: quality control, convenience, listing dan search of restaurants. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 390 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang menggunakan GrabFood maupun Go-Food. Berdasarkan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS 25 menunjukkan terdapat dua variabel secara positif dan signifikan mempengaruhi niat penggunaan APM di Karawang, yaitu variabel convenience dan search of restaurants.
Copyrights © 2021