Kota Depok sebagai penyangga Kota Jakarta memiliki kebutuhan layananadministratif publik yang makin tinggi. Kota Depok sendiri memiliki beragam bidangpelayanan publik yang ditawarkan oleh kepemerintahan daerah untuk mempermudahaktifitas masyarakat. Namun layanan-layanan publik tersebut kian terasa tidakefisien, sehingga solusinya sebua wadah penunjang baru atau sebuah kantor pelayananpublik satu pintu berupa Mal Pelayanan Publik. Pelayanan terpadu satu pintu dalamkonsep mall ini mewadahi kegiatan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinanyang dilakukan dalam satu tempat. Tema perancangan yang diangkat yaitu Reliability.Makna kehandalan tersebut dimulai dari pemilihan lokasi tapak yang strategis,pengolahan akses dan konsep rancangan bangunan yang mampu menyelesaikanpermasalahan pelayanan publik, serta memenuhi aspek estetika. Konsep-konseprancangan tematik kemudian dikonkritkan dalam desain yang representatif.Berdasarkan filosofi tema rancangan tersebut, bangunan memiliki kesan kokoh, kuat,dipercaya namun tetap memiliki keindahan. Esensi dasar aplikasi rancangan, yakni:visual consistency, pengunaan bentuk-bentuk stabil, dan terbuka, serta mudah diakses.Kata Kunci: Pelayanan Publik, Reliability, Satu Pintu
Copyrights © 2020