Jurnal Teknik ITS
Vol 9, No 2 (2020)

Studi Literatur Alternatif Penanganan Tumpahan Minyak Mentah Menggunakan Bacillus subtilis dan Pseudomonas putida (Studi Kasus: Tumpahan Minyak Mentah Sumur YYA-1)

Widhowati Kesoema Wardhani (Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Harmin Sulistiyaning Titah (Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara produsen minyak bumi yang cukup besar, sehingga memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan penambangan minyak bumi. Kegiatan ini memberikan dampak pada lingkungan sekitar berupa tumpahan minyak. Salah satu kasus tumpahan minyak yang terjadi di Indonesia adalah kasus sumur YYA-1 PT. PHE ONWJ yang terjadi pada tahun 2019. Tumpahan minyak merupakan Bahan Berbahaya dan Beracum (B3) sehingga membutuhkan penanganan yang menyeluruh. Saat ini penanganan yang banyak dilakukan adalah dengan pendekatan fisik dan kimia, sedangkan pendekatan ini memiliki potensi dampak yang lebih lama bagi ekosistem. Bioremediasi memiliki potensi yang yang baik untuk diterapkan sebagai alternatif penanganan tumpahan minyak mentah pada perairan laut. Bioremediasi memanfaatkan metabolisme mikroba sebagai pendegradasi hidrokarbon untuk mengubah polutan menjadi senyawa yang tidak berbahaya. Beberapa spesies bakteri yang terbukti dapat digunakan untuk bioremediasi adalah Bacillus subtilis dan Pseudomonas putida. Berdasarkan beberapa data hasil penelitian pada laboratorium. Diperkirakan penggunaan kedua bakteri ini dapat efektif menyisihkan tumpahan minyak mentah dengan menerapkan penanganan fisik kimia sebagai penanganan awal, serta beberapa faktor dan prosedur yang harus diperhatikan dengan seksana pada saat penerapan bioremediasi dilakukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...