Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 1 (2021)

Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Socrative Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru di Kecamatan Pangkalan Kuras

Abdullah Abdullah (Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia)
Jimmi Copriady (Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia)
Betty Holiwarni (Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia)
Herdini Herdini (Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia)
Ardiansyah Ardiansyah (Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Kompetensi yang dibutuhkan di era Industri 4.0 salah satunya adalah literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendapatkan informasi dan memilahnya. Kemampuan TIK guru di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan sudah cukup baik. Indikasinya adalah sebagian besar guru telah bisa menggunakan media sosial yang diakses melalui smartphone dan netbook pribadi.  Namun, kemampuan ini belum dimanfaatkan untuk menerapkan proses pembelajaran berbasis digital di kelas. Hal ini disebabkan guru masih memiliki keterbatasan menggunakan smartphone atau netbook sebagai media pembelajaran online. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Riau menawarkan pelatihan pembuatan media pembelajaran digital berbasis Socrative untuk guru di Kecamatan Pangkalan Kuras sebagai sebagai salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Guru antusias dalam mengikuti pelatihan yang diadakan. Sebagian guru mampu  menerapkan pembelajaran berbasis Socrative di kelas. Sedangkan sebagian lagi, tidak bisa menerapkan pembelajaran berbasis digital di kelas karena minimnya siswa yang mempunyai smartphone serta adanya peraturan sekolah yang tidak membolehkan siswa menggunakan smartphone di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...