Journal of Islamic Education Research
Vol. 1 No. 3 (2020): Journal of Islamic Education Research

Strategi Meaningfull Learning dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19

Fatiya Nur Azizah (UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Pandemi Corona virus Disease 19 merupakan peristiwa menyebarnya  virus yang akhir-akhir ini telah mewabah hingga penjuru negeri, virus dari mancanegara hingga terdampak bagi negara lainnya. Pandemi ini memiliki dampak yang sangat  signifikan bagi kehidupan masyarakat dan tidak terkecuali dalam aspek pendidikan formal, kebijakan pemerintah terkait Physichal distancing sehingga  menginstruksikan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) pada setiap tingkat satuan pendidikan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Tujuan penelitian ini merupakan upaya untuk menjelaskan konsep strategi pembelajaran bermakna dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran bermakna (Meaningfull learning) sangat penting kedudukannya dalam rangka tetap menjaga dan meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar terutama pada masa darurat penyebaran Corona Virus Disease-19, oleh karena itu peran kolaborasi antara seorang guru dan orang tua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang mampu menjadi sosok panutan (uswatun hasanah) dan mampu mendidik secara profesional sehingga siswa mampu mengamalkan pembelajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kajian kepustakaan atau studi literatur yang disajikan untuk menjelaskan kerangka teoritis dan kronologis terkait pembahasan penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jier

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Islamic Education Research is a peer-reviewed journal on Islamic education. This journal encompasses original research articles and reviews articles. The focus of this journal is an attempt to actualize a better understanding of the science of Islamic Education, both locally and ...