Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 4 (2020): Vol 1 No 4 August Pages 183-305

Penguatan Pembelajaran Matematika Siap Menghadapi Ujian Dengan Model Pembelajaran Assurance-Relevance-Interest-Assessment-Satisfaction Di Yayasan Nurul Falah Talok Tangerang

Jaka Wijaya Kusuma (Universitas Bina Bangsa, Banten, Indonesia)
Rani Septiani Sukandar (Universitas Bina Bangsa, Banten, Indonesia)
Hamidah Hamidah (Universitas Bina Bangsa, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2020

Abstract

Menghadapi ujian yang semakin dekat memunculkan permasalah bagi siswa. Adapun tujuan kegiatan ini: 1) meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi ujian; 2) meningkatkan kemampuan siswa dengan model pembelajaran Assurance-Relevance-Interest-Assessment-Satisfaction. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner sebagai feedback dari mitra. Hasil kuesioner diperoleh 68% siswa sangat setuju bahwa instruktur memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, 52% siswa sangat setuju bahwa instruktur memberikan soal-soal dan pembahasan dengan jelas, 55% siswa sangat setuju bahwa instruktur membantu siswa memahami materi dan soal dengan baik, 38% siswa sangat setuju bahwa kegiatan membuat siswa merasa lebih percaya diri menghadapi ujian, 52%  siswa sangat setuju bahwa isi materi jelas dan mudah dipahami, dan 73% siswa sangat setuju bahwa proses pembelajaran sangat menyenangkan. Kesimpulan dari kegiatan menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan model Assurance-Relevance-Interest-Assessment-Satisfaction berjalan dengan baik dan terbukti meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi ujian sekaligus meningkatkan kemampuan matematika siswa dengan cara menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan sehingga perlu diterapkan dalam pembelajaran di kelas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...