Formica Education Online
Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA SUBKONSEP DIFUSI OSMOSIS

Sudesti, Resti ( Prodi Pendidikan Biologi)
Sudargo, Fransisca ( Prodi Pendidikan Biologi)
K, Mimin Nurjhani ( Prodi Pendidikan Biologi)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatan penguasaan konsep dan  keterampilan proses sains siswa SMP pada subkonsep difusi osmosis. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis praktikum dan pembelajaran konvensional dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes penguasaan konsep, tes keterampilan proses sains, dan angket respon siswa. Tes diberikan pada awal pembelajaran dan setelah pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis praktikum mempengaruhi penguasan konsep dan keterampilan proses sains siswa. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terdapat hubungan yang baik antara hasil tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran berbasis praktikum.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Praktikum, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains, Difusi-Osmosis

Copyrights © 2014