Jurnal Fisika Unand
Vol 9, No 3 (2020)

Sintesis Lapisan Titanium Dioxide dengan Doping Ganda Copper-Silver untuk Aplikasi Fotoanoda Dye Sensitized Solar Cell

Jijim Fadilla Warman (Laboratorium Fisika Material, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas)
Dahyunir Dahlan (Laboratorium Fisika Material, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Lapisan tipis TiO2 dengan doping ganda Cu-Ag untuk aplikasi fotoanoda Dye Sensitized Solar Cell telah disintesis. Lapisan disintesis dengan metode Doctor Blade  dengan variasi konsentrasi doping Cu-Ag sebesar 0 mol%, 1 mol%, 2 mol%, 3 mol%, dan 4 mol%. Lapisan dikarakterisasi dengan X-ray Diffraction untuk mengetahui struktur, fasa, dan ukuran kristalnya. Karakterisasi X-ray diffraction dilakukan pada lapisan tanpa doping dan lapisan dengan doping 1%. Struktur yang dihasilkan adalah tetragonal dan fasa anatase. Ukuran kristal yang didapatkan dari pengolahan data X-ray diffraction dengan Metode Scherer adalah 58,74 nm untuk lapisan tanpa doping dan 57,54 untuk lapisan doping 1%. Nilai celah pita energi yang diperoleh dari karakterisasi UV-Vis Spectrometry lapisan memiliki celah pita energi dengan rentang 3,1  - 3,2 eV. Berdasarkan hasil penelitian, nilai celah pita energi semakin kecil dengan penambahan doping ganda Cu-Ag. Lapisan  yang telah disusun menjadi DSSC tipe sandwich kemudian dikarakterisasi menggunakan perangkat I-V Test untuk mengetahui efisiensinya. Efisiensi maksimum yang dicapai  adalah 2,46% Cu-Ag co-doped TiO2 thin film for photoanode of Dye-Sensitized Solar Cell application have been synthesized. The film was synthesized using the Doctor Blade method with different concentrations of Cu-Ag (0, 1, 2, 3, 4) mol %. The films were characterized by X-Ray Diffraction for their structural, phase, and crystallite size. X-ray diffraction did at undoped and 1% co-doped concentration. X-ray diffraction data revealed the formation of the tetragonal and anatase phase for both undoped and co-doped films. The crystallite size determined using the Scherer method is 58,74 nm for undoped films and 57,54 nm for 1% co-doped concentration films. UV-Vis spectrometry was used for the characterization of the optical properties of films. Films were having an average total band gap of 3,1 - 3,2 eV. From the investigation, the value of optical bandgap decreased by the increase of Cu-Ag concentration. The films that arranged to be sandwich-type then characterized by using the I-V test device. The maximum efficiency is 2.46% at 1% dopant addition.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jfu

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Electrical & Electronics Engineering Energy Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Makalah yang dapat dipublikasikan dalam jurnal ini adalah makalah dalam bidang Fisika meliputi Fisika Atmosfir, Fisika Bumi, Fisika Intrumentasi, Fisika Material, Fisika Nuklir, Fisika Radiasi, Fisika Komputasi, Fisika Teori, Biofisika, ataupun bidang lain yang masih ada kaitannya dengan ilmu ...