Dakwah merupakan salah satu cara yang dapat digunakan pihak sekolah dalam membentuk karakter religius generasi muda. Untuk itu diperlukan kemampuan dalam mengelola manajemen dakwah yang tidak terlepas dari konsep psikologi sebagai cerminan hidup kejiwaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk manajemen psikologi dakwah dalam membentuk karakter religius generasi muda. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan manajemen dakwah dalam organisasi keagamaan di SMA Negeri 1 Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologik naturalistik. Pengumpulan data menggunakan indepth interview, participant observation dan study documents. Analisis data menggunakan data reduction, data displays, dan conclusion drawing/verification. Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen psikologi dakwah telah mampu membentuk generasi-generasi Qur’ani dan bermoral Islam. Kemampuan pengelolaan yang berhasil menggerakkan dan memacu generasi muda dengan penuh kesadaran sesuai ajaran Islam demi kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. Generasi muda yang memiliki ikon ‘pelopor kebaikan’ dengan menyebarluaskan dakwah melalui berbagai kegiatan yang menarik dan kreatif.
Copyrights © 2020