EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid

Ismail Hanif Batubara (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Indah Purnama Sari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Nur ‘Afifah Nur ‘Afifah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Penemuan berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang tidak memperoleh model pembelajaran berbasis masalah tanpa Cabri 3D yang dilakukan dengan pembelajaran daring selama pandemic covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester lima yang berjumlah kurang lebih 82 orang, Kemudian dipilih 2 kelas secara acak. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Software Cabri 3D dan kelas control hanya diberi model pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software Cabri 3D. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar pada mahasiswa yang tidak diberi perlakuan Cabri 3D (kelas kontrol).

Copyrights © 2021