JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin
Vol 1 No 2 (2020): JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin

MODIFIKASI GEARBOX CLOSE RATIO UNTUK MENINGKATKAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR KAWASAKI NINJA RR 150CC

Awang Surya (Unknown)
Hendly Kevin Ramadhony (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Karakter sepeda motor terbagi menjadi dua tipe yaitu sepeda motor akselerasi dan sepeda motor top speed. Karakter sepeda motor top speed adalah sepeda motor yang dapat memiliki kecepatan maksimal yang tinggi dan dapat menempuh jarak yang panjang dengan putaran mesin yang tinggi, namun akselerasinya kurang bagus. Modifikasi sepeda motor dilakukan pemilik dengan tujuan menyempurnakan penampilan dan meningkatkan performa sepeda motor. Di antara tujuan modifikasi adalah meningkatkan performa akselerasi sepeda motor, karena sepeda motor yang dimiliki mempunyai top speed yang tinggi tetapi kurang baik dalam berakselerasi. Sedangkan situasi jalanan terutama di kota besar yang sering sering macet tidak memungkinkan untuk menggunakan top speed yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan performa akselerasi. Dalam hal ini dilakukan studi kasus pada sepeda motor Kawasaki Ninja RR 150cc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan membandingkan performa sepeda motor yang memakai gearbox standar dengan sepeda motor yang menggunakan gearbox hasil modifikasi. Simpulan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa gearbox modifikasi telah memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan gearbox standar. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 3,5 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 2,7 detik. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 km/jam pada gearbox standar dibutuhkan waktu 7,5 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 6,5 detik. Dari hasil pengujian di jalan didapat hasil bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jarak 100 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 6,2 detik, sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 5,1 detik. Untuk mencapai jarak 200 meter pada gearbox standar dibutuhkan waktu 10 detik sedangkan pada gearbox modifikasi dibutuhkan waktu 9.5 detik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jttm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Control & Systems Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian bidang teknik mesin yang telah dicapai. Jurnal Terapan Teknik Mesin, terutama berfokus pada masalah utama dalam hal hasil penelitian dan karya ilmiah Layanan Komunitas: Analisa Struktur, ...