Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
Vol 24, No 2 (2020): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2020

Utilization of News on Television Media in the Promotion of Potential Tourism Objects in the Era of Media Convergence

Aat Ruchiat Nugraha (Universitas Padjadjaran)
Susie Perbawasari (Universitas Padjadjaran)
Feliza Zubair (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Perkembangan destinasi wisata baru dapat terungkit dengan adanya informasi yang tersebar secara viral melalui media massa televisi maupun media sosial. Salah satu destinasi wisata yang menggunakan strategi promosi berita televisi yaitu wisata Geoculture Track Gunung Batu Lembang yang berwawasan masyarakat, budaya dan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pro-kontra pemberitaan promosi destinasi wisata baru geoculture track pada televisi swasta nasional yang terjadi di masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang di mana peneliti memaparkan fakta-fakta yang terjadi untuk kemudian dilakukan pengkajian dan pembahasan berdasarkan elemen teori Agenda Setting sebagai pedoman analisis fenomena pemberitaan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi mengenai destinasi wisata baru geoculture track yang dipublikasikan merupakan hasil liputan media yang bersumber dari sekelompok masyarakat yang menyelenggarakan event pariwisata kontemporer daerah Lembang dan sekitarnya yang mengandung nilai kebersamaan, pelestarian budaya lokal, dan penataan pesona alam yang pegunungan menjadi bernilai ekonomis. Kesimpulan penelitian ini adalah informasi pemberitaan destinasi wisata baru geoculture track telah memberikan penambahan khasanah pariwisata di wilayah kabupaten Bandung Barat walaupun dalam perjalanannya masih ada sebagian besar masyarakat di sekitar destinasi wisata baru geoculture track kurang setuju terhadap pembukaan destinasi wisata baru yang mengarah pada eksploitasi alam yang dapat merusak harmonisasi manusia dengan lingkungannya. 

Copyrights © 2020