MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 11, No 2 (2020)

SINERGITAS PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Sukarman Sukarman (Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Abstrak Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya pergeseran paradigma pembelajaran berbasis luring pada pembelajaran berbasis daring di masa pandemic Covid-19. Hal tersebut merupakan dampak dari adanya upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 dengan melakukan pembatasan sosial yang berdampak pada banyak aspek kehidupan termasuk pendidikan. Tujuan dari penelitian penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana problematika, kelebihan, kekurangan, dan kendala dari pelaksanaan pembelajaran berbasis daring di masa pandemic Covid-19 di MI Miftahul Huda Jepara. Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis daring sangat membantu proses belajar mengajar di masa pandemic Covid-19. Namun pembelajaran berbasis daring juga memunculkan persoalan baru yang kompleks bagi guru, orang tua, dan peserta didik. Kata kunci: pembelajaran daring, pusat pendidikan, Covid-19 Abstract Background of this paper is changes on paradigm offline-based learning to online-based learning during pandemic Covid-19. This is the impact of efforts to prevent and cut off the chain of Covid-19 spread by carrying social distancing that have an impact on many aspects in life including education. The purpose of this research study is to analyze how the problems, strengths, weaknesses, and constraints of implementing online-based learning during pandemic Covid-19 at MI Miftahul Huda Jepara. The findings of this study are that online-based learning has greatly helped the teaching and learning process during pandemic Covid-19. However, online-based learning also raises new, complex problems for teachers, parents, and students. Keywords: online learning, education center, Covid-19

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...