Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 8, No 2 (2020)

Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Mobile Learning Berbasis Android

Siti Kurniasih (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Darwan Darwan (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Arif Muchyidin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2020

Abstract

Kemandirian balajar merupakan suatu sikap siswa yang memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, memiliki keinginan untuk menguasai kompetensi, memiliki rasa percaya diri dan juga tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai peserta didik serta tidak bergantung pada orang lain. Seiring berkembangnya teknologi, media bukan saja sebagai alat bantu yang dapat membantu dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi akan tetapi media pembelajaran juga harus dapat memotivasi dan membangun keinginan siswa untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang dekat dengan dunia anak salah satunya media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh mobile learning berbasis android terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam metode eksperimen ini yaitu One-Shot Case Study. Berdasarkan dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan mobile learning berbasis android berpengaruh terhadap kemandirian belajar matematika siswa, sehingga mobile learning berbasis android bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi guru untuk menumbuhkan kemandirian belajar matematika siswa.

Copyrights © 2020