Jurnal Litbang Industri
Vol 10, No 2 (2020)

Transesterifikasi minyak kemiri sunan menjadi biodiesel menggunakan katalis padat K2O/C

Muhammad Zaki (Universitas Syiah Kuala)
Teku Muhammad Asnawi (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Darussalam-Banda Aceh, Indonesia 23111)
Husni Husin (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Darussalam-Banda Aceh, Indonesia 23111)
Saifullah Ramli (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Darussalam-Banda Aceh, Indonesia 23111)
Sofyana Sofyana (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Darussalam-Banda Aceh, Indonesia 23111)
Fikri Hasfita (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Indonesia)
Justaman Arifin Karo Karo (JKK)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Preparasi katalis padat K2O/C telah berhasil disiapkan dengan mengimpregnasi K2CO3 pada permukaan karbon aktif sekam padi selama 6 jam. Campuran tersebut dikalsinasi pada suhu 300 oC selama 3 jam hingga terbentuk K2O/C. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi kinerja katalis K2O/C dalam proses  transesterifikasi minyak biji kemiri sunan menjadi biodiesel. Karbon sekam padi (C) dipersiapkan dengan proses pirolisis sekam padi, dilanjutkan dengan proses aktivasi untuk mendapatkan karbon sebagai penyangga berpori. Katalis K2O/C  dikarakterisasi dengan Scanning Electron Microscopy (SEM) dan Energy-Dispersive X-ray (EDX). Hasil analisa EDX menunjukkan bahwa komposisi katalis didominasi oleh karbon (C) dan kalium (K). Fasa aktif K2O terdistribusi pada permukaan karbon aktif secara merata. Katalis K2O/C yang dihasilkan digunakan dalam reaksi transesterifikasi minyak kemiri sunan menggunakan reaktor batch. Yield biodiesel tertinggi dicapai hingga 98,68% ketika menggunakan katalis 4%, loading K2CO3  pada karbon aktif 0,5% berat, waktu  reaksi 90 menit, serta rasio molar metanol terhadap minyak 8:1. Katalis K2O/C sangat berpotensi untuk dikembangkan selanjutnya sebagai salah satu katalis padat untuk mengkonversi minyak nabati menjadi biodiesel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLI

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Litbang Industri (JLI) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. JLI memuat artikel primer yang bersumber langsung dari hasil riset industri, olahan hasil pertanian, penanggulangan pencemaran industri. Semua naskah direview oleh mitra ...