Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2020): Terbit 2 kali dalam setahun

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA KENDARI

Rosmiati, Rosmiati (Unknown)
Ramly, Ramly (Unknown)
Karno, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan: (1) motivasi kerja dengan kinerja  guru, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja  guru (3) motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja  guru SMK Negeri di Kota Kendari.       Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dan pendekatan korelasional. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Populasi adalah seluruh guru SMK Negeri di Kota Kendari yang berjumlah 430 orang dan jumlah sampel adalah 81 orang guru Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif motivasi kerja dengan kinerja  guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) = 0,705dan koefisien deteminasi (r2) sebesar 0,497; (2) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja  guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) =0,810dan koefisien deteminasi (r2) sebesar 0,656 dan (3) terdapat  hubungan positif antara motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja  guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) = 0,841 dan koefisien deteminasi (R2) sebesar 0,707. Untuk guru yang memiliki motivasi kerja dan yang di dukung oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru.Kata Kunci: Motivasi Kerja; Gaya Kepemimpinana; Kepala Sekolah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...