Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan: (1) motivasi kerja dengan kinerja guru, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (3) motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Kendari.      Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dan pendekatan korelasional. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Populasi adalah seluruh guru SMK Negeri di Kota Kendari yang berjumlah 430 orang dan jumlah sampel adalah 81 orang guru Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif motivasi kerja dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) = 0,705dan koefisien deteminasi (r2) sebesar 0,497; (2) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) =0,810dan koefisien deteminasi (r2) sebesar 0,656 dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) = 0,841 dan koefisien deteminasi (R2) sebesar 0,707. Untuk guru yang memiliki motivasi kerja dan yang di dukung oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru.Kata Kunci: Motivasi Kerja; Gaya Kepemimpinana; Kepala Sekolah
Copyrights © 2020