Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 6, No 2 (2020): July

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Nana Sutarna (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Ipan Ripai (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam lingkup pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran yang pada umumnya cenderung diarahkan kepada kemampuan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif. Salah satu upaya yang dapat ditempuh yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran yang inovatif yakni model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental designs yang dalam penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini juga akan menjadi dasar pengembangan pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan siswa, sehingga membantu guru untuk mengajarkan konsep multimedia atau yang lainnya yang membutuhkan kemampuan visualisasi yang baik bagi siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji NGain skor menunjukan bahwa rata – rata NGain Skor Kelas Kontrol adalah sebesar 11.67 atau 12% termasuk kedalam kategori tidak efektif. Dengan Ngain skor minimal 0.00 dan maksimal 50.00. Sementara rata – rata NGain skor untuk kelas eksperimen adalah sebesar 46.90 atau 47% termasuk kedalam kategori cukup efektif dengan NGain skor minimal 0.00 dan maksimal 100.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan Macromedia flash cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2019-2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...