AbstrakRumah sakit merupakan suatu organisasi yang dibentuk oleh tenaga medis profesional yang terarah baik dari sarana prasarana atau fasilitas kedokteran yang stabil, pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang kontinue, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien. Adapun data yang di peroleh dari rekam medik di RSUD Bahteramas Prov.Sulawesi Tenggara dalam tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2016 sebanyak 130388 orang dengan rincian rawat inap sebanyak 10629 orang, rawat jalan 116966 orang, dan kunjungan IGD sebanyak 12393 dan pada tahun 2017 sebanyak 96539 orang dengan rincian pasien dengan rawat inap sebanyak 5449 orang, rawat jalan 83227 orang, dan kunjungan IGD sebanyak 7863 ,dan pada tahun 2018 sebanyak 12883 orang dengan rincian pasien rawat inap sebanyak 3449 orang , rawat jalan 3107 orang, dan kunjungan IGD sebanyak 6327 dengan tenaga medis dan paramedic sebanyak 49 orang. Dan data pada Bulan Januari sampai Februari tahun 2019 sebanyak 186 Khusus untuk kunjungan IGD yang menggunakan BPJS.Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Mutu Pelayanan Medis Dan Paramedic Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Ruang IGD RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Hasil Penelitian Ini menunjukan variabel tangible dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,001, realibility dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,005 responsiviness dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,016,assurance dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,00, emphaty dengan nilai kooefien regresi sebesar 0,000 ada pengaruh positif yang signifikan. Kata Kunci : Pengaruh Mutu Pelayanan Medis Dan Paramedic Terhadap Kepuasaan Pasien Pengguna BPJS.
Copyrights © 2021