Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN

ANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Basuki, - (Unknown)
Budiyanto, - (Unknown)
Yusuf, Sarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pasarwajo selama periode Februari sampai Maret 2016, dengan tujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, besar biaya, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran ikan tongkol (E. affinis) di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling di Desa Holimombo Jaya dan Desa Dongkala, sedangkan responden dalam penelitian ini adalah untuk nelayan ikan tongkol sebanyak 25 orang . Teknik penarikan sampel menggunakan metode accidential sampling dan metode snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran ikan tongkol di Kecamatan Pasarwajo. Saluran pemasaran I terdiri dari nelayan dan konsumen akhir, tingkat efisiensi sebesar 100% dengan besarnya biaya , marjin, dan keuntungan tidak ada. Saluran pemasaran II terdiri dari nelayan, pedagang pengumpul desa dan konsumen akhir dan memiliki tingkat efisiensi sebesar 77% dengan biaya pemasaran Rp579,31/kg, marjin sebesar Rp3.000/kg dan keuntungan Rp2.420,69/kg. Saluran pemasaran III terdiri dari nelayan, pedagang pengumpul desa dan pedagang luar kota dan memiliki tingkat efisiensi 56% dengan sebesar biaya mencapai Rp1.386,56/kg, marjin sebesar Rp8.000/kg dan keuntungan Rp 6.631,13/kg.Kata Kunci : Ikan Tongkol, Saluran Pemasaran, Pedagang Pengumpul Desa, Pedagang Luar Kota

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...