Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 4, No 2 (2019): Maret 2019

Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Reaksi Reduksi - Oksidasi Sebagai Sumber Belajar Kelas X MAN 2 Aceh Timur

Zainal Muttaqin (Universitas Syiah Kuala)
Latifah Hanum (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Nazar (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan handout berbasis guided note taking pada materi reaksi redoks di kelas Xyang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan handout berbasis guided note taking untuk materi reaksi oksidasi dan reduksi, menganalisis kelayakan handout berbasis  guided note taking yang dikembangkan  pada materi reaksi oksidasi dan reduksi, mendeskripsikan tanggapan guru  dan peserta didik terhadap handout yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan disekolah  MAN 2 Aceh timur pada kelas X/MIA 1 dengan jumlah 20 orang  peserta didik  yaitu 16 perempuan dan 4 laki-laki. Instrumen penilaian yang digunakan lembar penilaian kelayakan handout berbasis guided note taking, anggket tangapan peserta didik dan guru. Berdasarkan hasil validasi kelayakan handout oleh 2 dosen pembimbing dan 2 orang guru kimia MAN 2 Aceh timur mendapatkan nilai persentase sebesar 93,75% (sangat baik), tanggapan peserta didik, dan guru masing-masing memperoleh hasil dengan persentase 85% (baik) dan 92,18% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian besar peserta didik dan guru pada MAN 2 Aceh Timur memberikan tanggapan positif terhadap pengembangan produk handout berbasis guided note taking dengan

Copyrights © 2019