PENGGUNAAN MEDIA AJAR BAHASA INGGRIS PADA LPK ENGLISH BEST COURSE (EBC) 1Puput Puspitorini, 2Rini Dwi Deptiyani,arinie_c@yahoo.com, rinids66@gmail.com ABSTRAKPembelajaran era 4.0 menekankan partisipasi peserta didik untuk berpikir kritis melalui pemanfaatan media yang berkemajuan. Media pembelajaran merupakan sarana penyampai informasi pembelajaran yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan peserta kursus yang bersangkutan, terutama dalam penguasaan bahasa Inggris. Adapun dengan perkembangan teknologi informasi yang tidak pernah berhenti, media pembelajaran pun tidak hanya berorientasi pada buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada LPK EBC dengan terlebih dahulu menganalisis kebutuhan peserta kursus. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 6 peserta kursus, 3 tutor, dan 1 pengelola. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran di LPK EBC menyesuaikan materi yang diajarkan dan tingkat pendidikan peserta kursus. Adapun materi yang digunakan cukup bervariasi mulai dari media yang sederhana berupa card, flaschard, permainan ular tangga, dan scribble. Selain itu, terdapat juga media modern yang digunakan berupa audio visual. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kursus, Belajar
Copyrights © 2020