Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik pada materi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis kontekstual dengan menguji tingkat kelayakan, respon peserta didik, dan pemahaman peserta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan model 4D oleh Thiagarajan dengan empat tahap yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Desain uji coba yang digunakan ialah One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian 20 peserta didik. E-Modul berbasis kontekstual dinyatakan sangat layak dipergunakan sebagai media pembelajaran dengan rincian hasil validasi ahli materi sebesar 99,44%, validasi ahli bahasa sebesar 78%, validasi ahli media sebesar 98,3%, dan validasi ahli evaluasi sebesar 94,36%. Hasil respon peserta didik sebesar 94,5% yang dikategorikan sangat layak. Pemahaman peserta didik diukur dengan uji gain score dan memperoleh hasil sebesar 0,375 sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan pemahaman peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik..
Copyrights © 2021