Jurnal CoreIT
Vol 6, No 1 (2020): Juni 2020

Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari)

Sulistiani, Heni (Unknown)
Setiawansyah, Setiawansyah (Unknown)
Darwis, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Data transaksi penjualan yang ada dalam divisi penjualan terkait data penjualan barang begitu besar dan banyak sehingga membutuhkan media penyimpanan yang besar dan sulit mengolah data-data tersebut untuk pembuatan laporan yang digunakan oleh manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan. Pengolahan data penjualan hingga menghasilkan laporan memakan waktu cukup lama karena masih diolah dengan bantuan Microsoft Excel. Banyaknya data transaksional penjualan yang tersimpan tidak dapat digunakan sebagai dasar analisa sebelum dilakukan pengolahan data lebih lanjut untuk dijadikan dasar oleh tingkatan top level management dalam mengambil sebuah keputusan. Online Analitycal Processing (OLAP) adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. Dalam mengolah sebuah informasi yang berasal dari dokumen, database, file dan aplikasi yang nantinya akan diproses dengan Extraction, Transformation, dan Loading (ETL) pada tahap ini akan memproses sebuah sumber data yang nantinya akan disimpan di dalam data warehouse. Teknologi OLAP dapat memudahkan para stakeholder dalam mengambil keputusan berdasarkan data-data transaksional yang ada karena OLAP akan menampilkan data dari berbagai sisi atau multidimensi.Data transaksi penjualan yang ada dalam divisi penjualan terkait data penjualan barang begitu besar dan banyak sehingga membutuhkan media penyimpanan yang besar dan sulit mengolah data-data tersebut untuk pembuatan laporan yang digunakan oleh manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan. Pengolahan data penjualan hingga menghasilkan laporan memakan waktu cukup lama karena masih diolah dengan bantuan Microsoft Excel. Banyaknya data transaksional penjualan yang tersimpan tidak dapat digunakan sebagai dasar analisa sebelum dilakukan pengolahan data lebih lanjut untuk dijadikan dasar oleh tingkatan top level management dalam mengambil sebuah keputusan. Online Analitycal Processing (OLAP) adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. Dalam mengolah sebuah informasi yang berasal dari dokumen, database, file dan aplikasi yang nantinya akan diproses dengan Extraction, Transformation, dan Loading (ETL) pada tahap ini akan memproses sebuah sumber data yang nantinya akan disimpan di dalam data warehouse. Teknologi OLAP dapat memudahkan para stakeholder dalam mengambil keputusan berdasarkan data-data transaksional yang ada karena OLAP akan menampilkan data dari berbagai sisi atau multidimensi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

coreit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi published by Informatics Engineering Department – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau with Registration Number: Print ISSN 2460-738X | Online ISSN 2599-3321. This journal is published 2 (two) times a year ...