Diglosia
Vol 5, No 1 (2021): Februari

Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring pada Siswa Sekolah Dasar

Hani Subakti (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Eka Silvi Handayani (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini menganalisis keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara daring pada siswa sekolah dasar kelas tinggi di SDN 001 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara daring dimasa pandemi covid-19. Penelitian dilatarbelakangi bahwa di SDN 001 Samarinda Utara peserta didik masih beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian adalah siswa, guru kelas, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yang digunakan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membuka pembelajaran secara daring dengan mengucapkan salam dan berdoa sedangkan kalau pada saat menutup pembelajaran yaitu dengan berdoa relatif sama dengan pembelajaran tatap muka. Keterampilan bertanya pada materi bahasa Indonesia ada siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, ada pula siswa yang tidak bisa menjawab. Keterampilan menjelaskan guru kelas pada materi bahasa Indonesia yaitu ada siswa yang kurang paham dengan penjelasan yang diberikan oleh gurunya dan ada pula yang langsung paham. Keterampilan memberikan penguatan dan pemahaman dilakukan oleh guru kepada peserta didik. Keterampilan mengadakan variasi dilakukan oleh guru dengan menyediakan media pembelajaran. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil ada siswa mengalami kesuliatan pada saat dibentuk kelompok dan ada pula yang tidak. Keterampilan mengelola kelas secara daring dilakukan guru dengan baik. Akhirnya pada pembelajaran daring masih ditemukan kendala dan kesulitan di mana kesulitan itu yang menjadi perhatian bagi guru dan siswa karena masih ditemukan siswa yang belum memiliki telepon genggam berbasis android untuk melakukan pembelajaran daring.Kata Kunci: analisis, mengajar guru, bahasa Indonesia, daringĀ This research analyzes teachers' teaching skills in online Indonesian language learning in high school students at SDN 001 Samarinda Utara for the 2019/2020 study year. The purpose of this research is to find out the basic skills of teaching teachers in learning Indonesian language online during the covid-19 pandemic. The research is backgrounded that at SDN 001 Samarinda Utara students are still adapting to the online learning system. The subjects in the study were students, classroom teachers, and principals. The methods of data collection in this study are interviews and documentation. Test the validity of the data in this study used by researchers using source triangulation. The results of this study show that the skill of opening learning online by saying greetings and praying while closing the learning is relatively the same as face-to-face learning. The skill of asking indonesian language materials there are students who can answer the questions given by the teacher, some students can not answer. The skill of explaining the classroom teacher in Indonesian language material is that there are students who do not understand the explanation given by the teacher and some who immediately understand. Skills provide reinforcement and understanding done by teachers to students. The skill of conducting variations is done by teachers by providing learning media. The skills of guiding small group discussions there are students experiencing difficulty at the time the group is formed and some are not. The skills of managing classes online are done by teachers well. Finally in online learning there are still obstacles and difficulties where the difficulty is a concern for teachers and students because there are still students who do not have an android-based mobile phone to do online learning.Keywords: analysis, teaching teachers, Indonesian, onlineĀ 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dl

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, ...