Komputasi matematika akan menjadi kebutuhan utama dari setiap orang di masa depan. Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi, begitu juga dengan penggunaan aplikasi yang berbasis komputer di tengah masyarakat diharapkan siswa di sekolah bisa memanfaatkannya sebagik mungkin. Penggunaan ini bisa dipraktekkan dari pembelajaran di lingkungan sekolah sehingga minat siswa dalam sains dan teknologi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan komputasi dengan bantuan aplikasi Scilab pada pelajaran matematika di SMK XYZ. Reseach and Development (R & D) adalah metode penelitian yang digunakan dalam peneltian kali ini dengan memodifikasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan komputasi siswa dengan media pembelajaran matematika respon yang positif di SMK XYZ. Dapat disimpulkan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa suplemen bahan ajar komputasi matematika dengan aplikasi Scilab dikategorikan layak.
Copyrights © 2020