Jurnal Analisa
Vol 6, No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2020

Identitas matematika dan penalaran matematis siswa dalam aljabar di sekolah menengah kejuruan

Annisa Sabillah Mardhayanti (Universitas Tanjungpura)
Sugiatno Sugiatno (Universitas Tanjungpura)
Dede Suratman (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

AbstrakMaksud penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara identitas matematika dan penalaran matematis siswa dalam barisan dan deret disalah satu smk di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex-post facto dan berbentuk penelitian korelasional yang dilakukan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2019/2010. Sedangkan sampelnya merupakan siswa kelas Teknik Permesinan (TP), Kimia Industri (KI), dan Analisis Pengujian Laboratorium (APL). Teknik pengukuran sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara identitas matematika dan penalaran matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi identitas matematika siswa, maka semakin tinggi pula penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...